You are here
Home > Kiper > 7 Fakta Francesco Toldo : Karier Gagal di AC Milan, terpuruk di serie C2 dan menolak jadi pengganti Buffon

7 Fakta Francesco Toldo : Karier Gagal di AC Milan, terpuruk di serie C2 dan menolak jadi pengganti Buffon

Francesco Toldo adalah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki italia. Postur badan ideal, refleks yang cepat, serta kemampuan one on one yg mumpuni membuat ia menjadi salah satu kiper terbaik serie-A periode akhir dekade 90an dan awal dekade 2000an.

Kesalahan Toldo hanya satu, lahir di era yang sama dengan Gianluigi Buffon. Orang akan lebih banyak mengingat yang terbaik, bukan yang kedua. Namun Toldo terlalu bagus untuk begitu saja dilupakan.

Berikut sejumlah fakta menarik mengenai Francesco Toldo yang tim profilbola himpun spesial untuk anda.

 

1. Mengawali karier bersama AC Milan


Siapa yang menyangka jika Toldo mengawali kariernya terlebih dahulu bersama AC Milan?
Toldo merupakan jebolan Milan Primavera dimana ia bermain untuk Primavera Milan sejak tahun 1987-1990. Pada tahun 1990 ia bergabung bersama tim senior AC Milan, namun sayangnya ia tidak mencatatkan satu penampilan pun bersama tim utama AC Milan. Toldo malah dipinjamkan Milan ke Hellas Verona yang saat itu bermain di Serie B selama satu musim.

 

2. Pernah bermain di Serie C2


Setelah satu musim di Hellas Verona (Serie B) Toldo justru semakin terpuruk setelah Milan memutuskan untuk meminjamkannya ke Trento, tim yang bermain di Serie-C2, kasta keempat Liga Italia. Bersama Trento, Toldo berhasil menorehkan 38 penampilan.

 

3. Mengawali kesuksesan bersama Fiorentina

Toldo mulai menapaki kesuksesan setelah bergabung dengan Fiorentina pada tahun 1993. Saat itu Fiorentina bermain di serie-B dan Toldo berhasil membawa Fiorentina menjuarai serie-B dan promosi ke serie-A di musim pertamanya bersama La Viola.
Selama 8 musim, Toldo menjadi penjaga gawang utama Fiorentina. Bersama la Viola ia sukses meraih 2 kali Coppa Italia, Supercoppa Italia, dan berhasil membawa Fiorentina lolos ke semifinal Liga Champions musim 1996-97. Toldo juga berhasil menyabet gelar Kiper Terbaik Serie-A pada tahun 2000 bersama Fiorentina.

Baca Juga:  12 Fakta Menarik Claude Makelele : Arti Nama "Suara Bising", Mogok Latihan Demi Gabung Madrid dan Hubungan Buruk dengan Florentino Perez

 

4. Francesco Toldo kiper utama Italia di Euro 2000


Dalam pagelaran Euro 2000 pelatih Italia saat itu Dino Zoff, memilih menjadikan Francesco Toldo sebagai kiper utama Gli Azzurri pasca cedera yang dialami Gianluigi Buffon. Toldo bermain dengan baik bersama Italia dan berhasil melaju hingga pertandingan Final melawan Prancis. Italia yang saat itu sempat unggul lebih dahulu lewat gol Marco Delvecchio, akhirnya harus menyerah setelah gol penyama kedudukan dari Sylvain Wiltord dan Golden Goal di masa injury time oleh David Trezeguet.

 

5. Menolak bergabung dengan Parma sebagai pengganti Buffon


Pada 2001 Fiorentina mengalami kebangkrutan, mereka terpaksa menjual sejumlah pemain bintang, salah satunya Toldo. Parma yang saat itu kehilangan Gianluigi Buffon ke Juventus ingin mencari pengganti yang sepadan. Tawaran besar yang diajukan Parma pun ditolak mentah-mentah oleh Toldo. Ia tak ingin memikul beban dan ekspektasi para fans Parma untuk menjadi pengganti Buffon. Toldo pada akhirnya memilih bergabung bersama Inter, dan Parma memilih untuk mendatangkan kiper Inter saat itu Sebastian Frey sebagai pengganti Buffon.

 

6. Meraih puncak popularitas bersama Inter


Bergabung bersama inter di tahun 2001, Toldo berhasil mencapai puncak karier dan popularitasnya bersama Inter. 10 musim dijalaninya bersama Inter sebelum akhirnya memutuskan untuk pensiun pada tahun 2010. Toldo berhasil menorehkan 148 penampilan bersama Inter dan menyabet banyak gelar bergengsi mulai dari 3x coppa italia, supercoppa italia, Liga Champions dan 5x Scudetto.

 

7. Masuk dalam Hall of Fame dua klub serie-A


Toldo masuk dalam Hall of Fame bagi dua klub di italia yaitu Fiorentina dan Internazionale Milan. Tak diragukan lagi kontribusi Toldo yang besar bagi Fiorentina dan Inter. Banyak gelar yang telah dipersembahkan Toldo bagi kedua klub itu.

Admin
Pengamat amatir, tifosi layar kaca.
https://profilbola.com

Tinggalkan Balasan

Top