You are here
Home > Editor Picks > 8 Fakta Andriy Shevchenko : Ditolak Masuk Sekolah hingga Nyaris Berseragam West Ham di Awal Karier

8 Fakta Andriy Shevchenko : Ditolak Masuk Sekolah hingga Nyaris Berseragam West Ham di Awal Karier

Apa yang anda ingat ketika disebutkan nama Andriy Shevchenko?

Shevchenko identik dengan AC Milan dan Ukraina. Bisa jadi ia adalah pemain sepakbola terbaik di Ukraina hingga saat ini. Nama-nama lain seperti Anatoliy Tymoshchuk, Andriy Yarmolenko, Yevhen Konoplyanka hingga pemain muda Oleksandr Zinchenko mungkin belum bisa menyamai ketenaran dan prestasi Shevchenko baik di level klub maupun tim nasional Ukraina.

Pemain bernama lengkap Andriy Mykolayovych Shevchenko ini lahir Dvirkivschyna, sebuah kota kecil yang berjarak 130 km sebelah timur dari kota Kiev, ibukota Ukraina (saat itu Ukraina masih menjadi bagian dari Uni Soviet).

Berikut beberapa fakta seputar Andriy Shevchenko yang berhasil kami himpun dari berbagai sumber

 

1. Pernah ditolak masuk sebuah sekolah khusus olahraga di kota Kiev.

Siapa sangka seorang andriy Shevchenko pernah gagal masuk sebuah sekolah khusus olahraga di kota Kiev, Ukraina. Hal ini terjadi pada tahun 1986 saat usianya baru menginjak 10 tahun. Namun tak lama berselang, Sheva justru berhasil menarik minat seorang pemantau bakat klub Dynamo Kyiv untuk merekrutnya setelah penampilan bagusnya dalam sebuah turnamen junior sepakbola di kota kiev.

2. Telah 5 kali membawa Dynamo Kyiv menjuarai Liga Utama Ukraina

Shevchenko sukses membawa klub Dynamo Kyiv menjuarai Liga Utama Ukraina pada tahun 1995 hingga 1999. Sheva sendiri mulai memperkuat tim senior Dynamo Kyiv paa tahun 1994 saat usianya menginjak 18 tahun. Selama membela Dynamo Kyiv, Shevchenko sendiri telah mencetak total 60 gol dari 117 penampilan di semua ajang.

 

3. Berhasil 6 kali terpilih sebagai pesepakbola terbaik Ukraina dan meraih Ballon d’Or

Shevchenko sukses terpilih sebagai pesepakbola terbaik dinegaranya sebanyak 6 kali yaitu pada tahun 1997, 1999, 2000, 2001, 2004, 2005. Dalam rentang tahun 1997 hingga 2005, hanya Anatoliy Tymoshchuk (2002) dan Oleh Venglinsky (2003) yang berhasil mengalahkan Shevchenko dalam ajang ini. Dirinya pun berhasil merengkuh Ballon d’Or pada tahun 2004 seiring dengan performa hebatnya bersama AC Milan kala itu.

Baca Juga:  8 Fakta Obafemi Martins, masih saudara Balotelli?

 

4. Pencetak Gol terbanyak kedua sepanjang sejarah klub AC Milan

Shevchenko hanya kalah dari Gunnar Nordahl dalam pencapaian ini, tercatat Sheva berhasil mencetak 175 gol di semua ajang bersama AC Milan. Sementara Nordahl berhasil membukukan 213 gol. Maka tak heran jika Sheva pantas disebut sebagai salah satu striker terbaik sepanjang masa AC Milan.

 

 5. Shevchenko pencetak gol terbanyak sepanjang masa timnas Ukraina

Dari 111 penampilannya bersama timnas Ukraina, Sheva sukses membukukan catatan 48 gol di semua kompetisi resmi FIFA. Pencapaian ini membuat dirinya ditasbihkan sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa di timnas Ukraina hingga saat ini. Nama-nama tenar lainnya yang menguntit dibelakang catatan gol Shevchenko diantaranya ada Andriy Yarmolenko dengan 36 gol an Yevhen Konoplyanka dengan 21 gol.

 

6. Hampir bergabung dengan West Ham United pada Tahun 1994

Kisah ini diceritakan oleh Harry Redknapp seperti dilansir oleh Sky Sports. Ketika itu di West Ham tidak ada pemain asing dari luar Inggris, dari manajemen klub West Ham banyak mendapatkan telepon penawaran dari agen-agen pemain dari Ukraina untuk menawarkan pemain-pemain mereka, salah satunya Andriy Shevchenko. Kala itu Sheva masih berusia 17 tahun dan memperkuat klub Dynamo Kyiv. Sheva sempat menjalani masa trial/uji coba bersama West Ham dan berhasil mencetak gol dalam laga tanding uji coba. Namun dikarenakan harganya yang saat itu dianggap “mahal” (1 juta poundsterling) untuk pemain berusia 17 tahun, West Ham batal untuk mengontraknya. Hmmm apa jadinya ya jika Sheva benar-benar berlabuh ke West Ham?  Mungkin kita tidak bisa melihat kiprah hebatnya di Serie-A bersama AC Milan.

Baca Juga:  12 Fakta Menarik Claude Makelele : Arti Nama "Suara Bising", Mogok Latihan Demi Gabung Madrid dan Hubungan Buruk dengan Florentino Perez

 

7. Memutuskan pensiun dari sepakbola dan masuk ke dunia politik

Tak sedikit pesepakbola yang banting stir ke dunia politik selepas masa pensiun. Salah satunya adalah Andriy Shevchenko. Sejatinya sejak tahun 2004, Sheva telah bergabung dengan Partai Sosial Demokrat Ukraina dengan mendukung salah satu kandidat presiden Ukraina saat itu Viktor Yanukovych. Setelah pensiun dari sepakbola pada tahun 2012, Shevchenko bergabung dengan salah satu partai politik Ukraina “Forward!” dan mencalonkan diri dalam pemilihan parlemen di Ukraina. Namun sayangnya, Sheva gagal melaju ke parlemen Ukraina setelah partai politik tempatnya bernaung hanya mendapat suara sebesar 1,58%.

 

8. Sukses meniti karier sebagai pelatih sepakbola

Pada Februari 2016, Shevchenko ditunjuk sebagai asisten pelatih tim nasional Ukraina, dan pada Juli 2016 Shevchenko resmi ditunjuk sebagai pelatih kepala menggantikan pelatih sebelumnya Mykhaylo Fomenko yang gagal membawa Ukraina lolos dalam fase grup Euro 2016. Salah satu prestasi yang berhasil direngkuh Sheva adalah membawa anak asuhnya di tim nasional Ukraina lolos untuk kualifikasi Euro 2020.

 

Itulah 9 Fakta tentang Andriy Shevchenko yang mungkin belum kalian ketahui. Fakta mana yang membuat kalian terkejut? Mungkin nomer 6 ya.

Admin
Pengamat amatir, tifosi layar kaca.
https://profilbola.com

Tinggalkan Balasan

Top